Kamis, 18 Juni 2015

Tradisi Pernikahan Ular Phyton Yang Unik Di Kamboja

Ada banyak tradisi pernikahan di dunia. Tetapi untuk tradisi pernikahanyang satu ini cukup unik dan beda karena yang menjadi pengantin bukanlah manusia tapi sepasang ular phyton yang berukuran cukup besar.


Tentu tradisi itu terasa menegangkan karena walaupun tidak berbisa, tetapi ular phyton memiliki kemampuan melilit dan meremukkan korban yang lengah dan ada di sekitarnya.



Tradisi ini biasa diadakan di desa Svay Rolum, Kamboja. Ribuan orang hadir dalam upacara pernikahan itu. Pernikahan dilakukan di dalam ruangan yang dipimpin oleh biksu dengan mendekatkan kedua ular phyton itu. 


Selain itu juga dengan memercikkan air dan membacakan doa pada ular phyton di akhir akhir acara.Sedangkan warga melemparkan aneka bunga ke tubuh kedua ular phyton itu.

Tradisi ini dilakukan berdasarkan pesan dari peramal agar menjauhkan nasib buruk dan membawa kemakmuran serta kebahagiaan bagi desa.


Tradisi pernikahan ular phyton di Kamboja ini mengingatkan saya pada tradisi serupa tetapi beda satwa yaitu tradisi Manten Kucing ( pernikahan kucing ) di daerah Tulungagung - Jawa Timur.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar