Kamis, 10 September 2015

Fosil Spesies Manusia Baru Ditemukan

Fosil manusia purba  yang diberi nama Homo Naledi ditemukan di dekat Johannesburg di Afrika Selatan dan menawarkan wawasan yang baru  ke dalam evolusi manusia sebagai salah satu spesies awal manusia .Sekitar 1.500 fosil yang ditemukan  di dalam  gua di luar Johannesburg, tersembunyi di ruang bawah tanah yang hanya diakses melalui beberapa tanjakan curam .



Dulunya , manusia awal itu tinggal di dalam gua 'Rising Star' yang terpencil gua sekitar 50 km dari Johannesburg, Afrika Selatan. Naledi berarti bintang dalam bahasa  Sesotho, bahasa asli Afrika Selatan.



Para ilmuwan mengatakan tangan, pergelangan tangan dan kaki dari tubuh yang mirip dengan manusia modern, tetapi ukuran otak dan tubuh bagian atas yang lebih seperti manusia awal.Homo Naledi memiliki tinggi sekitar  1,5 meter dan berat sekitar 45 kilogram .



"Homo Naledi memiliki otak kecil seukuran buah jeruk rata-rata,  di atas tubuh yang sangat ramping, "kata John Hawks, dari University of Wisconsin-Madison, penulis senior  akademis merinci spesies baru.



Penemuan mengejutkan itu telah diumumkan oleh sebuah tim ilmuwan internasional setelah sebelumnya jejak besar fosil ditemukan di gua di 2013. Sekitar 1.550 elemen fosil digali dari gua yang diyakini bagian dari setidaknya 15 bayi, anak-anak, orang dewasa dan lanjut usia dari spesies yang sama - dan hanya sebagian kecil dari fosil yang ditemukan.



Diumumkan oleh University of Witwatersrand, National Geographic Society dan Departemen Afrika Selatan Sains dan Teknologi, terobosan menyoroti asal-usul dan keragaman keturunan manusia.

Lee Berger, profesor riset di Institute Studi Evolusi di Universitas Witwatersrand, memimpin dua ekspedisi yang menemukan  fosil.


Profesor Berger mengatakan:  " Fosil itu ditemukan selama dua ekspedisi di November 2013 dan Maret 2014 dalam ekspedisi bernama 'Rising Star Expeditions'. Fosil-fosil berbaring di sebuah ruangan sekitar 90 meter dari pintu masuk gua yang  hanya dapat diakses melalui chute selebar  18 cm .



Ekspedisi pertama ke ruang gua di 2013 berlangsung selama 21 hari dan melibatkan lebih dari 60 spesialis cavers dan ilmuwan yang bekerja dalam kondisi bawah tanah yang berbahaya.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar