Jumat, 27 Maret 2015

Matryoshka, Boneka Telur Yang Unik Di Rusia

Matryoshka, adalah nama boneka itu. Bentuknya cukup unik karena sepintas menyerupai telur dalam berbagai ukuran yang bertingkat. Boneka itu berhiaskan sosok manusia dalam berbagai wajah , eskpresi dan pakaian.


Yang menarik, beraneka ukuran boneka Matryoshka itu bisa disimpan dan dimasukkan dalam satu boneka terluar yang berukuran paling besar. Semakin banyak boneka yang di satukan, semakin besar pula boneka yang terluar.


Boneka yang unik dan terbuat dari kayu ini merupakan boneka tradisional dari negara Rusia.Konon, nama Matryoshka itu berasal dari kata  Matryona atau Matriosha , yang merupakan nama dari seorang wanita yang bertubuh gemuk.


Selain sosok gadis, wanita atau anak-anak, biasanya yang menjadi karakter dalam boneka  Bila yang menjadi model itu sosok wanita, umumnya mengenakan kerudung khas Rusia dan membawa tas atau keranjang. Ada juga Matryoshka yang menampilkan model pria dan berbagai pemimpin dunia.


Satu hal yang menjadi ciri khas Matryoshka adalah adanya hiasan di bagian tengahnya. Ada yang berupa motif bunga, abstrak , kisah kepahlawanan, satwa , bangunan terkenal dan sebagainya.


Boneka Matryoshka yang pertama dibuat dan diiukir pada tahun 1890 oleh Vasily Zvyozdochkin dan  dirancang oleh Sergey Malyutin, seorang pelukis kerajinan rakyat di Rusia . Satu set boneka itu dilukis oleh Malyutin yang terdiri dari delapan boneka

Boneka terluar adalah seorang gadis mengenakan pakaian tradisional dan memegang ayam jantan. Sedangkan boneka bagian dalam adalah anak perempuan dan anak laki-laki, dan boneka terdalam adalah sosok bayi.


Dengan keunikan dan keindahannya, Matryoshka menjadi boneka souvenir yang terkenal di Rusia.


Beberapa daerah di negara lainnya juga ada yang meniru ide dan konsep boneka Moatryoshka . Tentu dengan perpaduan tradisi, budaya dan keseniannya masing-masing.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar