Selasa, 12 Mei 2015

Mitos Patung Kucing Maneki Neko Pembawa Keberuntungan

Nama patung kucing Maneki Neko mungkin masih banyak yang belum mengetahuinya. Tetapi mungkin ada banyak yang sudah tahu bagaimana bentuk patung kucing itu. Patung ini berbentuk khas yang menggambarkan sosok kucing dalam posisi berdiri. Salah satu tangannya terangkat ke atas seolah sedang menyapa atau melambai.  Ada Maneki Neko yang bisa bergerak secara mekanis pada tangannya.



Patung kucing Maneki Neko ini biasa digunakan sebagai benda budaya oleh mereka yang beretnis Tionghoa. Mereka biasa menempatkan patung itu di dalam rumah, tempat usaha seperti toko, restoran dan sebagainya. Selain sebagai penghias ruangan, Maneki Neko ini juga dipercaya sebagai pembawa keberuntungan bagi mereka yang menyimpan dan memajangnya.



Nama Maneki Neko berasal dari bahasa Jepang yang berarti “ Kucing Pengundang ”. Selain itu juga dikenal dengan nama kucing rezeki, kucing uang, dan kucing penyambut.


Yang menarik, konon ada mitos tentang gerakan tangan patung kucing itu . Saat tangan sebelah kiri diangkat, ini menandakan bahwa hal ini akan menarik pelanggan untuk datang. Bila yang kanan diangkat, ia akan mengundang rezeki dan uang. Apabila kedua cakarnya diangkat, ini berarti boneka kucing tersebut sedang meminta perlindungan.


Begitu pula untuk warnanya, konon ada makna tersendiri. Warna Calico ( krem): kombinasi warna tradisional, dianggap paling membawa keberuntungan, warna Putih: kebahagiaan, kesucian, dan hal hal positif untuk datang, warna Emas: kekayaan dan kemakmuran, warna Hitam: menyangkal aura jahat, warna Merah: berhasil di hubungan antara teman dan cinta  dan warna Hijau: kesehatan yang gemilang.

 
Maneki Neko juga mengenakan dan membawa aksesoris seperti  kain alas dada, kalung leher, dan lonceng. Konon , hal ini karena pada masa  Edo, para juragan kaya banyak yang mendandani kucing peliharaannya  seperti itu. selain itu, ada juga sebuah lonceng yang diikatkan di kalung lehernya supaya pemiliknya tahu keberadaan kucingnya jika hilang.  

 
Aksesoris lainnya pada Maneki Neko biasanya juga terdapat Logam oval emas seharga 1 Ryo karena pada masa  Edo, satu Ryo mempunyai nilai nominal yang sangat besar, Martil uang magis: Jika Anda melihat satu martil/palu kecil, ini menandakan kekayaan. Saat dikocok, martil ini biasanya mengundang rezeki. 


Ada juga yang membawa Ikan, biasanya ikan carper karena : Ikan ini simbol dari kelimpahan dan rezeki baik dan Kelereng atau batu permata karena benda ini juga berfungsi sebagai penarik uang. Banyak orang percaya kalau bola kristal menandakan kebijaksanaan.



Maneki Neko  ini juga kadang memegang labu manis, kertas doa, lobak, dan batang logam. Barang-barang ini dipercaya menandakan kekayaan dan nasib baik. 

Sedangkan bahan pembuatnya ada yang dari besi, plastik, kayu, keramik dan sebagainya dengan berbagai ekspresinya.














Tidak ada komentar:

Posting Komentar