Senin, 01 Juni 2015

Indahnya Jutaan Lentera Dalam Festival Loy Krathong

Suasana malam itu sangat terang benderang sekali. Ada cahaya dari jutaan lentera menerangi di sana. Dengan dipegangi dan dibacakan doa sebelumnya oleh para biksu dan warga, jutaan lentera itu kemudian dilepas dan tampak berterbangan memenuhi angkasa.


Begitulah gambaran suasana dalam Festival Lay Krathong yang diadakan di  Chiang Mai - Thailand.  Festival ini biasanya diadakan pada bulan purnama ke-12 dalam kalender tradisional Thailand. 


Saat itu warga di Thailand  akan menuju ke berbagai sungai, danau dan kanal untuk mengikuti tradisi yang sudah dilakukan sejak ribuan tahun ini. Festival ini dilakukan sebagai pemujaan kepada Phra Mae Khongkha, Dewi Air.


Selain itu festival ini juga  memberikan kesempatan bagi warga untuk menghargai dan berterima kasih atas kemurahan hati Dewi Air selama setahun ini dan memohon untuk tetap memberikan keberuntungan untuk tahun berikutnya.


Sesuai dengan namanya, selain dengan menyalakan  dan menerbangkan lentera, juga diadakan pelepasan Krathong di sepanjang aliran sungai. Krathong adalah semacam perahu berbentuk bulat dan berukuran kecil hingga besar dengan berbagai ornamen.


Krathong itu ada yang terbuat dari kayu, roti atau potongan bambu dan pohon pisang. Ada yang menghiasi perahu kecil ini dengan bunga, dedaunan, lilin, dupa dan berbagai jenis dekorasi lainnya. 



Setelah memilih kratong-nya, warga kemudian menuju ke sungai, berdoa, dan mengapungkan (loy) kratong mereka. 


Yang menarik,  beberapa orang bahkan ada yang meletakkan potongan kuku atau beberapa helai rambut mereka sebagai simbol permulaan baru.


Festival Krathong ini biasanya juga dimeriahkan dengan pawai kendaraan hias dengan terdapat ornamen-ornamen khas Thailand. Termasuk juga Krathong dengan berragam lampu dan lenteranya yang  beraneka warna.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar