Kamis, 30 April 2015

Serunya Pertunjukan Wayang di Kolam Air

Ada banyak jenis kesenian wayang di dunia. Tetapi untuk wayang yang satu ini sangat unik dan menarik. Mua roi nuoc atau Wayang Air adalah namanya yang merupakan kesenian tradisional dari negara Vietnam. 


Sesuai dengan namanya, wayang ini dimainkan di dalam air. Karena itu baik wayang-wayangnya dan dalang atau penggeraknya sama-sama berada di dalam air.



Sedangkan penonton bisa menonton pertunjukan wayang itu dengan duduk atau berdiri di sekeliling panggung wayang yang berupa kolam air setinggi pinggang orang dewasa. Di sekeliling panggung itu pula, para musisi memainkan lagu-lagu tradisional untuk mengiringi jalannya cerita wayang.



Wayang-wayang dalam wayang air ini berupa boneka-boneka yang terbuat dari kayu yang dipernis . Boneka itu di kendalikan oleh delapan orang dalang yang bersembunyi dan menggerakkannya di belakang tirai. 


Yang menarik,  seolah menjadi rahasia bagi para dalang wayang air untuk menyembunyikan bagaimana caranya para menjalankan dan menggerakan boneka-boneka kayu yang masing-masing memiliki berat sekitar  14 kilogram tersebut. 


Konon, rahasia wayang air itu sudah terjaga oleh dalang wayang selama berabad-abad . Konon pula,  Mereka bahkan punya bahasa kode tersendiri jika hendak mendiskusikan dan memainkan skenario pertunjukan wayang yang akan dimainkan.


Pentas Mua roi nuoc ini biasanya menampilkan kisah dari cerita-cerita rakyat tradisional. Sebagai penambah daya tarik, pada panggung  ditambahi aneka efek seperti kabut, asap buatan dengan penataan cahaya lampu yang dinamis dan dramatis . 


Seperti biasa jika pertunjukan wayang air sudah selesai, biasanya delapan dalang tadi akan muncul dari bawah air untuk memberi salam hormat pada penonton dan begitu pula sebaliknya mereka menerima tepuk tangan dan decak kekaguman dari para penonton.


Kesenian ini pada masa lampau diperkirakan sudah ada sejak abad 11 di Delta Sungai Merah. Biasanya dipentaskan ketika musim banjir merusak tanaman padi milik penduduk. Tujuannya untuk menenangkan arwah-arwah agar menghentikan musibah gagal panen itu .

Selain itu mua roi nuoc juga menjadi sarana hiburan yang murah meriah bagi warga Vietnam yang sedang susah karena mengalami musibah itu.


Tetapi saat ini wayang air ini bisa dimainkan setiap saat sebagai hiburan kesenian bagi wisatawan.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar