Kamis, 16 April 2015

Astaga, Bayi-bayi Ini Dilompati Oleh Pria Dewasa

Bayi adalah makhluk yang lemah dan membutuhkan banyak perlindungan. Berbagai usaha dilakukan untuk melindungi dan menjauhkannya dari hal-hal yang berbahaya. Tetapi tidak demikian halnya yang ada di Spanyol. 


Bayi-bayi itu justru ditempatkan dalam matras dan diletakkan di jalan raya. Lebih anehnya lagi, bayi-bayi itu ditempatkan di sana karena akan dilompati oleh beberapa pria dewasa yang berkostum aneh. Tangis ketakutan para bayi itu tentu terdengar saat para pria itu berlarian dan melompatinya.


Begitulah suasana yang tampak dalam tradisi Festival  El Colacho yang diadakan antara bulan Mei dan Juni di Desa Castrillo de Murcia - Spanyol. 

 
Tradisi yang berlangsung sejak tahun 1600-an itu konon untuk mengangkat hal-hal yang buruk pada diri bayi sehingga bisa selamat dalam perjalanan hidupnya.


Festival dimulai dengan para pendeta dengan didampingi gadis-gadis kecil yang mendatangi bayi-bayi itu dengan membawa keranjang bunga. Setelah  melakukan ritual dan membacakan doa bagi sang bayi, tradisi mendebarkan itu pun segera dimulai.

 

Beberapa pria dewasa yang mengenakan kostum lambang perwujudan setan El Colacho yang aneh dan berwarna kuning lalu bersiap-siap untuk berlari dan melompati bayi-bayi yang diletakkan dalam matras. Dalam setiap matras terdapat 4-6 bayi.

 

Tentu sangat menegangkan dan berbahaya sekali saat Setan El Colacho itu berlari dan melompati sang bayi. Apalagi ada beberapa setan El Colacho yang beraksi serupa. Walau yang menjadi setan itu sudah ahli dan berpengalaman melakukannya, tetapi jika terjadi sedikit kecorobohan dan kesalahan dalam melakukannya bisa berakibat fatal pada diri sang bayi.
 

Tradisi ini  berlangsung beberapa hari dan dimulai sejak hari Rabu dengan aksi setan El Colacho mengejar dan menakut-nakuti  semua orang di kota sepanjang hari. Sebagai puncaknya dilakukan tradisi Lompat Bayi pada hari Minggu.


Warga tampak antusias menyambut tradisi ini dengan menghiasi rumah mereka dengan bunga dan altar kecil lengkap dengan anggur dan air bagi penonton parade. 


Oya, selain karakter El Colacho, dalam tradisi ini juga ada karakter legendaris yaitu El Atabalero  yang memakai baju hitam dan topi sombrero. Mereka berjalan mengelilingi  kota dengan membawa dan menabuh drum yang besar. 












Tidak ada komentar:

Posting Komentar