Senin, 06 Juli 2015

Tradisi Yang Unik Melukis Di Tubuh Kerbau

Melukis itu tidak hanya bisa dilakukan dengan menggunakan media kanvas, kertas, kain dan sebagainya. Tetapi melukis  ternyata juga bisa dilakukan dengan menggunakan tubuh kerbau air. 



Begitulah tradisi tahunan yang unik dan dilakukan di kota Pu’er, provinsi Jiancheng - Tiongkok. 


 
Dalam kegiatan itu , kerbau-kerbau dibawa berkumpul dalam satu lapangan setelah sebelumnya tubuh kerbau itu dilukis dengan aneka gambar dan warna.


Warga setempat juga berdatangan ke sana untuk melihat kerbau-kerbau yang indah dalam balutan warna lukisan di tubuhnya.


Beberapa seniman lukis dari Cina, Inggris, Italia, Jerman, Finlandia, Selandia Baru, Vietnam dan Laos ikut datang dan berkompetisi dalam festival itu. Hadiah yang disedikan cukup banyak berupa uang sejumlah ratusan ribu Yuan.


Tentu  tidak mudah melukis di tubuh kerbau. Karena itu, butuh kerja sama dalam setiap timnya yang terdiri dari 3 orang untuk menenangkan kerbau, membuat pola gambar atau menyapukan kuas warnanya.



Tradisi melukis kerbau ini merupakan salah satu warisan budaya yang unik dan langka. Menurut kisah legenda setempat, pada masa dahulu  sekumpulan kerbau yang tengah merumput di ladang diterkam oleh seekor harimau.


Tetapi saat harimau itu menggigit, warna darah kerbau yang bercampur dengan lumpur rupanya membuat harimau ketakutan dan melarikan diri.


Hal itulah yang membuat para petani mulai mewarnai atau melukis tubuh kerbau mereka untuk menghindari predator yang mengintai. 

Tradisi ini pun kemudian berkembang menjadi festival yang populer untuk merayakan panen dan menghormati hewan ternak











Tidak ada komentar:

Posting Komentar